Praktek Kerja Lapangan

BAB I
PENDAHULUAN


1.1         Latar Belakang
Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika (KOMINFO) Provinsi Sumatera Utara adalah salah satu pemberi arah dan pedoman pengelenggaran kerja pemerintah, pengelolaan pembangunan dan penyampaian pelayan kepada masyarakat khususnya pada Bidang Komunikasi dan Informatika yang mewujudkan informasi yang transparan, akuntabel dan jelas. Pada Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara jaringan yang digunakan sudah sistem yang berbasis tinggi yakni menggunakan jaringan WLAN (Wireless Local Area Network). Sehingga pekerjaan yang dilakukan pegawai pada Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara dapat semakin cepat dan semakin muda.
Dengan menggunakan sistem yang berbasis tinggi yakni menggunakan jaringan WLAN (Wireless Local Area Network) banyak kendala yang ditemukan dalam menjalankan sistem jaringan WLAN tersebut salah satunya, yaitu kendala dalam konfigurasi dan kendala pada jenis enkripsi yang digunakan. Salah satu contoh penyebab kendala pada konfigurasi, yaitu untuk membangun sebuah jaringan wireless sangat mudah. Banyak vendor yang menyediakan fasilitas yang memudahkan pengguna atau admin jaringan sehingga sring ditemukan wireless yang masih menggunakan konfigurasi wireless default bawaan vendor. Sehingga sering menemukan wireless yang dipasang pada jaringan masih menggukan setting default bawaan vendor seperti SSID, IP Address, remote manajemen, DHCP enable, kanal frekuensi, tanpa enkripsi bahkan user/password untuk administrasi wireless tersebut.
Jadi dengan adanya jaringan WLAN (Wireless Local Area Network) yang telah dibangun pada Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika maka perlu adanya keaman yang sangat baik dalam jaringan WLAn tersebut sehingga dalam penggunaan bisa berjalan dengan baik. Oleh karena itu sudah selayaknya Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumatera Utara ini memanfaatkan canggihnya teknologi yang sekarang ini semakin berkembang. Sesuai dengan uraian pada latar belakang yang telah dikemukakan diatas maka penulis mengangkat judul “ANALISA PEMANFAATAN JARINGAN WLAN (WIRELESS LOCAL AREA NETWORK) PADA KANTOR DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PROVINSI SUMATERA UTARA”




1.2         Perumusan Masalah

Adapun perumusan masalah yang akan dibahas dalam Kerja Praktek ini adalah :
1.                  Bagaiamana manfaat WLAN dalam pekerjaan Pegawai pada Kantor Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Sumatera Utara ?.
2.                  Bagaimana mana aturan dan konfigurasian WLAN pada Kantor Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Sumatera Utara pada saat penggunaan  ?.
3.                  Bagaimana merancang jaringan WLAN (Wireless Local Area Network) pada Kantor Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Sumatera Utara ?.


1.3         Pembatasan masalah

Adapun ruang lingkup yang dapat dibatasi adalah sebagai berikut ini:

1.                  Analisa Sistem penerapan Jaringan WLAN (Wireless Local Area Network) pada Kantor Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Sumatera Utara.
2.                  Peranan / kegunaan Jaringan Komputer pada Kantor Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Sumatera Utara.
3.                  Topologi yang digunakan dalam Jaringan pada Kantor Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Sumatera Utara.





1.4         Tujuan Dan Manfaat Kerja praktek
1.4.1   Tujuan

Tujuan kerja praktek bermanfaat bagi setiap mahasiswa khususnya penulis dan STMIK BUDIDARMA Medan. Adapun tujuan dari laporan ini, antara lain :
1.                  Untuk mengetahui manfaat WLAN dalam membantu pekerjaan.
2.                  Untuk mengetahui aturan konfigurasi WLAN pada Kantor Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Sumatera Utara.
3.                  Untuk merancang jaringan WLAN (Wireless Local Area Network) pada Kantor Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Sumatera Utara.


1.4.2   Manfaat Kerja Praktek
Adapun manfaat WLAN yang diperoleh bagi pegawai pada Kantor Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Sumatera Utara adalah :
1.                  Mempermudah dalam pekerjaan pegawai pada Kantor Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Sumatera Utara.
2.                  Mempercepat dalam proses pengiriman data dan informasi pada Kantor Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Sumatera Utara.


1.5         Metodologi Kerja Praktek
Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah  melakukan pengumpulan data dengan metode :
1.      Studi Lapangan
Terjun langsung ke Lapangan yaitu ke Kantor Dinas Komunikasi Dan Informatika Provinsi Sumatera Utara untuk meneliti penggunaan Jaringan Wireless di Kantor itu.
2.      Melalui Internet
Dapat mengambil data-data yang dapat diperlukan atau yang di butuhkan melalui Internet atau Website untuk mencari sebuah informasi mengenai Jaringan WLAN. Pada saat menyusun Laporan Kerja Praktek mengalami banyak kendala atau kesulitan, media internet dapat digunakan sebagai jalan keluar pemecah permasalahan yang dihadapi dalam penulisan laporan tersebut khususnya dalam mengambil judul laporan mengenai jaringan komputer WLAN (Wireless Local Area Network). Karena banyak artikel-artikel yang dapat dikutip mengenai Jaringan WLAN baik yang secara umum maupun mengenai para ahli yang dapat disimpulkan secara teoritis.


1.6              Sistematika Penulisan Laporan
Suatu penulisan dikatakan baik apabila mudah dipahami dan dimengerti oleh pembaca. Untuk itu penulis membuat sistematika penulisan laporan kerja praktek sebagai berikut:
BAB I             PENDAHULUAN
Pada bab ini diuraikan tentang latar belakang, perumusan masalah, tujuan dan manfaat kerja praktek, ruang lingkup pembahasan, metodologi penelitian, sistematika penulisan laporan.
BAB II            GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN
Bab ini merupakan uraian singkat perusahaan, yang berisi tentang sejarah singkat perusahaan, logo, struktur organisasi perusahaan/instansi, serta visi dan misi.
BAB III          LANDASAN TEORI
Pada bab ini mencakup pada penjelasan mengenai pengertian sistem, karakteristik sistem, pengertian data, dan pengertian informasi serta pengertian dari sistem informasi.
BAB IV          ANALISA DAN PEMBAHASAN
Pada bab ini penulis akan membahas tentang sistem yang berjalan dan manfaat sistem.
BAB  V           KESIMPULAN DAN SARAN

Dalam bab ini mengutarakan berbagai kesimpulan yang dialami didalam melaksanakan kerja praktek dan saran kepada lembaga pendidikan dan sekaligus kepada pihak instansi tempat penulis mengadakan kerja praktek.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKHLUK HIDUP DALAM EKOSISTEM ALAMI

ASYNCRONOUS